Jumat, 28 Januari 2011

Petang di SAMARINDA


setelah puas beromantis-romantisan dengan senja di tepian mahakam, saya beranjak untuk menikmati suasana senja di kota

samarinda, kota tepian, yah tepian sungai mahakam

sungai mahakam lebar sekali, mungkin 5 kali sungai porong di sidoarjo yang sering saya lewati tiap kali pulang kampung ke jember
samarinda mengingatkan saya akan pelajaran sejarah di bangku smp
kala itu guru saya menjelaskan pusat kebudayaan dahulu terletak di tepian laut atau tepian sungai, beliau mencontohkan salah duanya adalah sungai tigris dan sungai efrat yang menjadi pusat kebudayaan kerajaan mesopotamia
wah, ketika tiba di tepian mahakam saya langsung membayangkan kalau sungai ini adalah tigris dan efratnya indonesia, hehehe *.*

di tepian mahakam banyak sekali pedagang... mulai dari warung-warung cangkruk, tempat mainan anak-anak, penjual telor penyu (uh, menyedihkan!), penjual durian dan lai, penjual helm dan lain-lain
rasanya saya makin merasa di sungai tigris atau efratnya indonesia, di mana sungai juga menjadi pusat perdagangan di jaman dahulu..hehehe
pedagang lai dan durian yang nyammii

diantara semua pedagang yang menarik perhatian saya adalah penjual duriannya, tapi bukan durian yg membuat saya tertarik, melainkan LAI
Lai adalah buah yang menyerupai durian tapi buahnya berwarna kuning dan kulitnya tidak sekeras durian.. saya pun kuat memegangnya dengan tangan telanjang, kalau durian mungkin sudah berdarah-darah yaa.. hehe
rasa lai tidak semanis durian, buahnya kering namun warna kuningnya akan membekas di gigi, lucu sekali kayaknya ya kalau abis makan lai terus kita kondangan, hehehe..
ini loh yang namanya lai

setelah jalan-jalan di tepian saya mampir ke islamic centre samarinda
ini adalah masjid termegah yang pernah saya lihat dan wajib dikunjungi apabila kita singgah di samarinda
sayang sekali masjid semegah ini penerangannya kurang, bahkan mungkin lebih terang masjid agung jember yang kecil namun selalu terang benderang. saya sangat menyayangkan sekali, padahal melihat masjid ini rasanya seperti melihat istana kerajaan islam... sangat agung dan indah
sayang sekali ketika itu saya lagi 'dapet', abang melaranmg saya masuk masjid... arrgghhh.. abang cupu deh!
islamic centre.. ya allah megahnyaaa

dari islamic centre, abang mengajak saya mengunjungi pusat sovenir
banyak sekali barang khas kaltim yang dijual di sini
kebanyakan adalah kerajinan manik-manik suku dayak
manik-manik ini dirangkai hingga menjadi tas, dompet, topi, baju, anting, kalung dan banyak lagi lainnya... dan.. sssst... semuanya dikerjakan dengan tangan loh! keren sekali suku dayak ya... kalau saya yang bikin mungkin sepuluh tahun baru selesai..hihii
toko sovenirnya penuh pernak-pernik yang kaltim bangettt

tas manik-manik khas dayak yang membuat saya bingung memilih
laress maness

selain manik-manik, juga ada patung-patung, perak bakar atau kerajinan khas martapura lainnya, dan juga ada jamu-jamu atau ramuan khas kalimantan... semacam obat lemah syahwat atau obat kuat gituuu.. hehehe... salah satunya adalah minyak bulus.. awalnya saya kira obat kuat itu adalah ramuan yang bisa membuat kita jadi lebih berenergi... eh ternyata buat itu yaaa... hehehehehe..
topi dayak yang sangat saya inginkaannnnn
sovenir kecil

di tempat sovenir ini saya puasin poto-poto.. karena uang saya nggak cukup buat beli semua sovenirnya... hehehe.. akhirnya abang membelikan saya tas dan dompet... sebenarnya banyak yang saya incar.. hehe.. lain kali deh saya borong semuanyaaa
wahh.. seandainya orang beneran.. kerenn
pose dulu... pinjam propertii

4 komentar:

  1. mantab foto2nya, LAI nya juga. Jadi pengen backpack ke sana,.

    BalasHapus
  2. mari bekpek ke samarinda.. beli LAI yg banyak, saya minta yah..hehe

    BalasHapus
  3. gw sdh kesana...... minum kopi n jagung bakar ditepian gt lho...........

    BalasHapus
  4. Mbak cantik numpang copas sedikit dari artikel ini ya, :)

    BalasHapus