Kamis, 09 September 2010

catching FANAMI

Add caption
Lamongan, sebuah kota kecil di jawa timur.
untuk seorang yang buta arah seperti saya, definisi lamongan bisa berubah lebih sederhana menjadi: pokoknya lamongan itu yang setelahnya kota gresik..

tapi sekarang saya punya kata-kata baru, lamongan, kota yang basah itu lo!

setiap melewati jalur utara dari surabaya menuju semarang pasti terlihat sesuatu yang seperti danau tapi kotak-kotak seperti sawah di sepanjang jalan. yah, saya pun baru tahu ketika kuliah ini.. ternyata itu tambak.
selama ini yang saya tau tambak itu letaknya berdekatan dengan laut dan airnya payau. tapi tambak di sepanjang jalan lamongan-gresik beda! mereka adalah tambak air tawar! saking banyaknya dan luasnya tambak di sepanjang lamongan, dengan segala rasa hormat, saya persembahkan gelar teritori khusus untuk kota lamongan: THE WET LAND
karena lamongan benar-benar basah dengan tambak!

suatu hari di bulan maret yang cerah membahana,
genk borit, teman-teman kampus saya yang addict sama travelling irit-tapi emoh disebut pelit, tiba-tiba langsung menyala keras alarm keiritannya ketika Irul, member genk borit yang paling dewasa dan jarang membolos kuliah, mengatakan kalau tambak milik ortunya mau panen di hari minggu nanti.
sipiriliiiii.... Saatnya borit is back!
tambak, bukan sawah-juga bukan danau
kami berangkat malam hari ato istilahnya ba'da magrib.. dengan berkendara motor dari surabaya.. setelah melewati segala pertikaian dan pertentangan gara-gara jumlah driver alias cowok yang kurang, berangkatlah kami dengan saya sebagai satu-satunya cewe yang jadi pembonceng.. saya sempat sebel banget.. diskriminasi itu namanya! padahal saya juga seorang wanita lembut berkulit halus seperti sutra yang butuh perlindungan kasih sayang dari seorang driver,,,arrgghh,, 
tanpa persetujuan, genk borit tiba-tiba menjadikan kosan saya sebagai meeting point-sehingga tak dapat dicegah saya harus berangkat meskipun nyetir sendiri! naasnya lagi ternyata motor saya, chimera, mio merah tahun 2008 yang rocks banget, lampu belakangnya mati! dan juga masih diiringi dengan riwayat bocor kalo ngebut ngelewati jalan bergeronjal .. belom lagi mata saya yang mendadak suka aneh, jadi agak-sedikit rabun di malam hari... bismillah sajaa lahh

alhamdulilah, akhirnya the borit nyampe juga di rumah irul sekitar jam 9-an, meskipun dengan penuh perjuangan, terutama si driver cantiknya, ehemm*, saya... 
maklumlah jalur utara kerap kali ramai dengan kendaraan truk-truk pronton raksasa.. bahkan saya sempat nyenggol sedikit, untung saja allah maha mengabulkan doa saya... PANEN UDANG SAYA DATANGGG.. hehee :D
sesampai di rumah irul yang lokasinya di dusun deket, kami ndak menyia-nyiakan waktu.. taruh tas-langsung MAKAN! horray... ada sayur asem segar, asem-asem bandeng, udang rebus lezat, sambal pedas plus tempe hangat.. hanya satu kata: SERBUUUU.........
Setelah makan kita langsung bubu buat nyiapain stamina esok hari.. borit national shrimp day!

Pagi-pagi sekali.. ternyata ndak ada satu pun dari 13 orang yang ikut rombongan borit national shrimp day yang melek.. jadi kita agak kesiangan waktu berangkat ke tambak.
sekitar pukul 6, kita baru berangkat ke tambak... beberapa yang berpasangan berjalan saling melindungi berjalan beriringan seperti bebek di pematang sawah..ooh..indahnyaa duniaa.. sementara saya berjalan paling belakang dengan konano, kamera saya yang seksi abis.. saking asiknya motret ini-itu, saya sampai ketinggalan rombongan dan makin menjadi-jadi mesranya dengan konano sambil menikmati pemandangan yang kiri-kanannya tambak yang luas-luas sekali...cucupp..muahhh  :3
alhasil saya nyasar dan melewati pematang tambak yang salah-berlumpur-licin-berilalang tinggi-dan berjamur!!kyaaaaaaa
petani lain yang juga mau panen
siram-siram biar segar

sesampai di tambak, panen sedang mau dimulai
mesin air menyedot air yang ada di tambak hingga surut dan mengalirkannya ke parit
saya berkali-kali menanyakan kepada irul tentang jenis udangnya, karena namanya unik sekali lo! udang FANAMI... waahh,cantik sekali namanya :D
tim panen udang kali ini adalah the borit feat paman-paman dan bibi-bibinya irul... kyaaaaaa..senangnya..the borit bisa bermanfaat akhirnya.. ndak gratisan mulu..hhi
mulai nyiapin perangkap
mesin air si tukang pompa
wuoo..mulai siap menangkap
wuooo..udang sama ikan-ikannya benar-benar jago lompat

cara panennya ternyata sederhana, setelah air surut, dibuat perangkap di tepi tambak dari tiang-tiang kayu  yang di beri dasar jaring. mesin air terus menyedot air keluar tambak, sehingga air semakin menggenang di tepian tambak. air yang dialirkan ke dalam perangkap berisi banyak sekali udang, sehingga ketika sampai di ujung perangkap, udang-udang yang saking banyaknya itu terlihat melompat-lompat riang gembira. baru kali ini saya melihat udang sebanyak itu, sebut saja udang letup! 
setelah itu udang diangkat ke atas dengan saringan... waowwww...banyak sekali udang yang masuk saringan! dari saringan udang dioper ke tempat pemilah-tempat memilih udang yang terbuat dari sebuah terpal yang dibentangkan. kenapa harus dipilah-pilah?? 
karena ternyata ada binatang lain yang ikut numpang di tambak, seperti ikan bandeng, ikan mujaer, yuyu dll. ikan bandeng biasanya di tempatkan di timba khusus yang dipisahkan dari udang dan akan dijual terpisah di pasar. ikan mujaer biasanya muncul karena memang hidupnya di habitat perairan tawar. yuyu biasanya menjadi hama, sehingga petani udang biasanya langsung mematahkannya menjadi dua hingga mati lalu dicemplungkan lagi ke tambak untuk dijadikan makanan udang.. naujubilaaaaa...sadisnyaaaa..
genk borit kali ini jebur-jeburan di tambak..maen lumpur dan ikutan ngangkat udang letup.. sementara yang cewe-cewe siap sedia di meja pemilah...waaaahh...udangnya banyak sekali dan besar-besar..dan lagi mereka benar-benar segar! masih hidup dengan gerakan-gerakan kakinya yang serasa menggelitik setiap tangan yang meraihnya! setelah dipilah-pilah, udang dimasukkan ke keranjang dan siap dipasarkan!!!
jaring semuanya!
ayoo di pilih..ikan bandeng masuk tong biru yaa
irul sang juragan yang perkasa
the fanami
waktunya diangkut ke pasar

setelah selesai panen, kita makan-makan di pematang sawah
waowwww...nikmat sekali rasanya setelah bekerja keras seharian...hhi
setelah makan kita kembali ke rumah irul dan tepar!

makan-makan di sawah..lezat makkk

some of the borit :)
hhi
waahhh... saya mendadak jatuh cinta dengan udang fanami dan pengen jadi pengusaha udang, seperti yang saya baca di novel forrest gump :)



1 komentar: