Kamis, 17 Maret 2011

PARAIKATTE, kita bersama!

hari itu cukup cerah ketika saya tiba di makassar
argggghhhhhhhhhhhhh... saya senang sekali! akhirnya saya memijakkan kaki besar saya di pulau sulawesi

tentu saja yang saya cari pertama adalah makanan! yeah, food is always important.. seperti lagu di iklan susu dancow.. dari perut ke semuanyaaaa.... syalalalaaa...
tanpa makanan, otak dan badan saya nggak bisa bekerja.. sama kayak motor tanpa bensin lah atau sama kayak christian sugiono tanpa saya... hihihii.. *kaburrr



saya diantar dengan teman saya dari makassar, mas appur sama mas taqwin namanya
ketika ditanya ingin makan apa.. tentu saja saya jawab yang khas makassar!!!
dan tentu aja jawabannya coto makassar!!!
dan segera kami berangkat ke warung soto yang palingg nyammi di makassar.. saya pasrah aja lah sama kedua tuan rumah yang budiman ini..hehehe

akhirnya saya tiba di sebuah warung coto, namanya coto paraikatte
wah keren.. baru kali ini saya dengar ada warung dengan nama sekeren itu
PARAIKATTE
kedengarannya sangar.. hehehe.. apalagi buat orang jawa seperti saya yang nggak pernah dengar kata-kata itu sebelumnya
mas appur, yang sekalian menjabat jadi penerjemah, bilang kalo coto paraikatte itu artinya coto kita bersama
waoww.. kereeenn kan! COTO KITA BERSAMA :)
di jawa aja nggak pernah saya dengar ada warung rawon kita bersama. hihihi

coto rasanya sedikit berbeda dengan soto yang ada di jawa
coto lebih kuat rasa kuahnya, sepertinya makanan ini memakai bumbu-bumbu dan rempah yang lebih banyak makanya kuahnya tidak sebening soto
dari segi penyajiannya pun jauh berbeda
coto disajikan di mangkuk kecil
saya sempat heran, 'mana kenyang??' pikir saya yang hobinya makan kayak buto ijo ini
dan ternyataa jangan salah sodara-sodaraa setanah airrr..
meskipun coto disajikan di mangkuk kecil
ternyata tiap kali kita menyendok maka daging di mana-mana! enak sekali!!!
ternyata mangkuk itu penuh berisi daging! pokoknya isinya penuh deh... enaakk sekali... dan banyak... apalagi rasa kuahnya yang makin segar bila ditambah jeruk nipis... belum lagi cara makannya yang unik dengan ketupat imut yang dibelah tengahnya...... slurrrrpppp...
saya sampai kekenyangan makan semangkuk.. padahal dari luar keliatannya kecil loh!
maka pesan moral yang saya dapat dari makan coto adalah jangan melihat sesuatu itu dari luarnya tapi lihatlah isinya!!!
apalagi kalo liat coto, langsung saya santapp dah, hihihi

potong-potong dagingnya

kasih bumbu-bumbu dan aksesoris lainnya

tambahkan kuah panas


abis dikasih kuah panas siap dihidangkan.. nyamm

jangan lupa jeruknya


mari makan coto sodara-sodara!
COTO PARAIKATTE, coto kita bersama

2 komentar:

  1. Di deket Cak Durasim ono coto makassar enak Ma :)

    BalasHapus
  2. iya ta mas..wahh pengenn.. tapi yg sangat amat tak cari itu dangke adanya di enrekang

    BalasHapus